Safaruddin Siap Atasi Masalah Pasar Tradisional

Permasalahan pasar yang kumuh, becek, bahkan banjir jika turun hujan, merupakan persoalan yang harus segera diatasi.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut 4 yang diusung PDI Perjuangan, Safaruddin, melakukan blusukan ke Pasar Senaken, Tanah Grogot, Paser, Jumat (13/4). Kehadirannya merupakan bagian dari safari politik untuk berdialog, serta berkomunikasi menyerap aspirasi warga.

Dalam kesempatan itu, Safaruddin yang merupakan mantan Kapolda Kaltim, langsung mendapat antusias warga yang ada di pasar. Dirinya juga terlihat akrab, secara spontan mengambil spatula (alat menggoreng) seorang pedagang pisang goreng. Tanpa sungkan, Safaruddin menggoreng lalu menjajakan pisang hasil gorengannya.

Baca: Rusmadi-Safaruddin Unggul dalam Survei Relawan Kaltim Hebat

“Supaya kita merasakan, pekerjaan jadi penjual gorengan itu butuh pengorbanan. Harus diusahakan,” ucap Safaruddin.

Salah seorang pedagang ikan basah, Topan, mengatakan kehadiran Safaruddin menjadi harapan adanya perbaikan kios-kios pasar dan tempat mereka berdagang yang sebelumnya dilanda kebakaran.

“Kami berharap pasar tempat kami mencari uang bisa lebih baik kondisi ke depannya. Bersih, jadi lebih banyak pengunjung membeli dagangan kami,” harap Topan.

Baca: Rusmadi-Safaruddin Gunakan Konsep Membangun dari Pinggiran

Harapan Topan juga diamini oleh pedagang lainnya, Nia, pedagang ikan kering. Dirinya menitipkan harapan pada Plt Ketua DPD PDI Perjuangan tersebut agar saat terpilih nanti mau merenovasi pasar Senaken tempat dirinya berjualan.

“Saya titip pembangunan pasar, soalnya sangat mendesak kebutuhannya,” pinta Nia.

Menanggapi harapan pedagang, Safaruddin mengungkapkan, permasalahan pasar yang kumuh, becek, bahkan banjir jika turun hujan, merupakan persoalan yang harus segera diatasi. Masalah lain seperti akses permodalan bagi pedagang, juga perlu diatasi.

“Saya menangkap ada dua permasalahan dalam pasar. Persoalan perbaikan pasar, serta masalah permodalan bagi pedagang sudah ada jalan keluarnya. Insha Allah jika kami terpilih, dengan program kerja yang kami siapkan bersama Pak Rusmadi, pasar-pasar tradisional di Kaltim, termasuk Senaken ini akan kita perbaiki agar menjadi modern supaya banyak pembeli datang,” pungkasnya.

 

SUMBER