Mbak Puti Jadi Obat Rindu Akan Sosok Bung Karno

Dengan segala kerendahan hati, Mbak memohon doa restu serta dukungan agar apa yang menjadi cita-cita paslon nomor 2 bisa terwujud.

Madiun, Gesuri.id – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarnoputri (Mbak Puti) terus jalin silaturahmi dengan masyarakat. Kali ini, cucu Proklamator Bung Karno ini menghadiri acara seni budaya wayang dan bertemu dengan masyarakat Kabupaten Madiun.

Pertemuan Puti di rumah Romo Raden Soewarno Prawirosoedarso menjadi arti ‘obat kerinduan’  hubungan antara Sang Proklamator dengan Romo Raden Sodjono Prawirosoedarso, dan masyarakat sekitar Kabupaten Madiun.

Kedatangan Puti disambut baik oleh warga dan menjadi magnet perhatian masyarakat Madiun. Sejumlah warga ingin melihat langsung lebih dekat, dan mengajak Puti foto bersama.

Mbak Puti menyampaikan, kalau kakeknya Bung Karno dengan keluarga besar Romo Raden Soedjono Prawirosoedarso mempunyai hubungan sejarah yang baik.

“Dulu kakek saya, Bung Karno sebagai Bapak Proklamator Bangsa, Presiden pertama RI, bertemu dengan istilah dulunya adalah anggota DPR RI yaitu Romo Raden Soedjono Prawirosoedarso. Jadi ini adalah sejarah membangun Indonesia tidak bisa dilepaskan dan dihilangkan,” ujar Mbak Puti

Dari sejarah inilah, Puti merasa ada daya tarik benang merah, khususnya di Jawa Timur, tidak bisa melepaskan dirinya dengan sosok Bung Karno. Bahwa kakeknya, lahir, menghabiskan masa remaja dan disemayamkan di Jawa Timur.

“Sebagai cucu Bung Karno, saya harus kembali ke akarnya, kembali ke Jawa Timur,” katanya.

Mbak Puti menyampaikan, kehadiran dirinya di Jawa Timur bagaikan masuk Kawah Candradimuka, keramat dan sakti seperti cerita dalam pewayangan. Tempat penggemblengan ksatria agar menjadi kesatria yang kuat dan tangguh.

Mbak Puti bercerita, ketika ditetapkan dan diminta untuk mendampingi Gus Ipul sebagai calon wakil gubernur, tidak terpikirkan olehnya sama sekali.

“Satu tugas yang saya dapatkan mungkin kurang dari 24 jam. Ketika Ibu Megawati dan Pak Kusnadi (Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim) ini yang tahu proses dan kronologisnya. Sehingga, waktu itu ketika saya ditugaskan rasanya kok mengapa Jawa Timur,” ujar Mbak Puti.

Baca: Aksi Blusukan Mbak Puti di Jember Jatim

Oleh karenanya, Mbak Puti mengatakan dengan segala kerendahan hati memohon doa, memohon restu serta dukungan agar apa yang menjadi cita-cita paslon nomor 2 bisa terwujud. Di mana bersama-sama membangun Jawa Timur sesuai dengan amanah para pendiri bangsa yakni Bung Karno.

SUMBER