Warga Minta Pemkot Balikpapan Batasi Pasar Modern

Anggota DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang juga wakil ketua Komisi I Budiono mengadakan reses di RT 04 dan RT 05 Kelurahan Margo Mulyo, pekan lalu untuk mendengar secara langsung aspira masyarakat didaerah tersebut.

87photo_(2)Hasil reses itu, warga setempat meminta Pemerintah Kota Balikpapan sebagai pengambil keputusan agar melakukan penataan pasar tradisional Pandan Sari yang terlihat kumuh. Padahal tiap hari ada penarian retribusi. Apalagi pasar itu merupakan pasar terbesar di kota Balikpapan.

Tidak hanya itu, mereka juga mengusulkan agar pasar modern seperti supermarket dibatasi keberadaanya maksimal satu tiap kecamatan agar tidak mematikan pedagang eceran lainnya atau UMKM.

“Pembatasan harus dilakukan dengan melihat jumlah penduduk atau jarak ditiap kecamatan. Kalau yang sekarang seenaknya pemerintah  kota memberikan izin. Ini kan sama saja mematikan pedagang kecil,”kata Ketua Langgar Nurul  Mustaqim H Harto.

Menanggapi aspirasi warga, Budiono mengatakan DPRD tengah menyusun Raperda Penataan Pasar Rakyat dan Mini Market.

“Sudah mulai masuk pembahasan pandangan umum fraksi, selanjutnya tanggapan walikota dan kemusian diparipurnakan untuk ditetapkan Perdanya,”jelasnya

“Memang masalah mini market ini harus diatur biar tidak mematikan pedagang dan pasar tradisional. Disana (pasar) sangat membantu ekonomi masyarakat sektoral. Ini yang harus dibantu. Bukan dengan menambah banyak pasar modern,”jelas Budiono

 

SUMBER