PDI Perjuangan Gelar Try Out SBMPTN 2016 Serentak

DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga (Pora) menggelar Try Out Nasional Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 secara serentak di seluruh Indonesia, pada 21 Mei 2016.

TRYOUTProgram try out SBMPTN 2016 bertujuan ikut mencerdaskan generasi muda. Program ini merupakan salah satu dari tujuh program kerja strategis DPP Pora yang ditetapkan pada Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) I Pemuda dan Olahraga PDI-Perjuangan, dengan tema “Kerja Nyata Pemuda PDI-Perjuangan Untuk Indonesia Raya”.

Demikian disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga Sukur H Nababan jumpa pers di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (9/5/2016).

Sukur mengatakan, try out SBM-PTN ini akan diikuti oleh para siswa dari kelas III SMA/sederajat, dan yang baru lulus di seluruh Indonesia.

“Total peserta ditargetkan 250.000 siswa se-Indonesia. Program ini merupakan komitmen DPP Pora di bidang pendidikan, dan diharapkan semua siswa sekolah bisa masuk PTN favorit terbaiknya di Indonesia, “ujar Sukur

Acara Try Out Nasional ini akan dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada Sabtu 21 Mei nanti.

Turut hadir Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristyanto, Pengurus DPP, DPD DKI, DPC PDI Perjuangan, Komisi Pendidikan, pakar pendidikan, dan sejumlah menteri di Kabinet Kerja bakal hadir.

Sukur menuturkan, program try out ini dilaksanakan karena besarnya animo pelajar di sekolah untuk masuk PTN, sekaligus membantu para siswa yang kurang beruntung masuk kampus favorit terbaiknya.

“Kegiatan ini harus dijadikan momentum bagi siswa SMA untuk berjuang masuk PTN favoritnya melalui program try out ini. Pelajar harus menjadi motor perubahan bagi negeri ini,” tegas Sukur.

Lebih lanjut Sukur menjelaskan, pelaksanaan try out nasional ini dilakukan dengan bekerjasama semua struktur partai perjuangan, mulai DPD, DPC dan PAC di bidang Pemuda dan Olahraga (Pora).

“Mereka membuka pendaftaran peserta try out di Kantor PAC dan DPC di daerah, berkoordinasi dengan kepala sekolah, guru, Diknas pendidikan, anggota dewan setempat, dan tokoh masyarakat,” paparnya.

Struktur partai Pora, kata Sukur, dikerahkan untuk pelaksanaan try out ini. Di mana DPD sebagai supervisi pelaksana, DPC sebagai pelaksana utama dan PAC sebagai pelaksana pembantu try out.

Mengenai biaya try out, Sukur mengatakan, setiap peserta hanya dikenakan biaya Rp 1.000 rupiah untuk ikut try out SBMPTN.

“Peserta mendapatkan sejumlah modul, mulai dari soal ujian, sampai profile setiap PTN terbaik di Indonesia,” paparnya.

Untuk jumlah peserta try out, tambah Sukur, dari target peserta, setiap Kabupaten/Kota minimal membawa 500 peserta dari sejumlah sekolah di daerah.

“Untuk DKI Jakarta sekitar 50 ribuan. Sedangkan setiap kabupaten/kota minimal 500 peserta,” beber Sukur.

Sementara untuk hasil try out nasional, kata Sukur, akan diumumkan melalui website DPP Pora, yaitu www.poradpppdiperjuangan.com pada 1 Juni 2016.

“Hasil try out akan diumumkan saat perayaan Ulang Tahun PDI Perjuangan Ke-43 pada 1 Juni di Jakarta,” tandasnya.

Sebelumnya, DPP PDI-Perjuangan Bidang Pemuda dan Olahraga telah menetapkan 7 program kerja strategis di Rapat Koordinasi Bidang Nasional (Rakorbidnas) I Pemuda dan Olahraga PDI Perjuangan, di Wisma Kinasih, Depok, pada 9-10 April.

Tujuh program strategis, diantaranya Pelaksanaan Try Out PTN, Pembuatan Media Sosial, Turnamen Sepak Bola, Sarasehan Kebangsaan dan Rembuk Pemuda Nasional, Lomba Fotografi, Lomba Penulisan Esai pada Hari Sumpah Pemuda dan Lomba Tari Kreasi dan Kuliner Nusantara dengan tema Perjuangan dan Gotong Royong.