Aduh! Debit Waduk Manggar Turun, PDAM akan Lakukan Penggiliran Air Lagi

Debit air Waduk Tirta Manggar Balikpapan kembali turun di level  5,18 meter, tinggal menyisahkan 3 centimeter lagi PDAM Balikpapan akan kembali melakukan distribusi air secara bergilir.

Dirut PDAM, Haidir Effendi mengatakan bahwa intensitas hujan yang sering terjadi akhir-akhir ini tidak berpengaruh terhadap level waduk. Pasalnya hujan tersebut hanya terjadi di kawasan kota saja, tidak mencapai dikawasan waduk.

“Hari ini di level 5,18 kemarin 5,20. Jadi turun 2 centimeter. Ya walaupun sering hujan tapi kan hujannya di kota, di waduknya gak,” Ujar Haidir saat dihubungi klikbalikpapan.co, Senin 18 April 2016.

Haidir menambahkan bahwa penggiliran tersebut rencananya akan dilakukan apabila level waduk berada di posisi 5,15 meter. Hal tersebut akan dilakukan jika memang tidak ada perubahan terhadap level waduk.

“Insya allah akan kita gilir kalau memang tidak ada penambahan di waduk,” Tambah Haidir.

Hal senada juga disampaikan oleh walikota Balikpapan, Rizal Effendi. Saat ditemui diruangannya pada Senin, 18 April 2016 Rizal mengatakan bahwa masyarakat harus memahami dan memaklumi kondisi saat ini.

“Ya kalau nanti situasinya agak rentan jadi ya kita gilir lagi. Kadang masyarakat mikirnya sering hujan kok digilir. Ya karena kan hujannya di kota, jadi kalau nanti situasinya rentan ya kita gilir lagi. Jadi mohon pengertiannya lah,” Pungkas Rizal.

 

sumber : klikbalikpapan.com