Elit Politik Nasional Berkumpul pada Haul Taufiq Kiemas

Elit politik nasional berkumpul pada haul peringatan tiga tahun wafatnya Taufiq Kiemas , suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, malam ini. Selain Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, haul itu juga dihadiri Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Mendagri Tjahjo Kumolo , dan Menkum HAM Yasonna Hamonangan Laoly. Tak ketinggalan Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Wasekjen Ahmad Basarah, dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Ketua Umum Golkar Setya Novanto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama.

Ahok menjadi orang pertama yang menyalami Jokowi dan istrinya, Iriana Widodo. Saat mobil Jokowi menuju Jalan Teuku Umar, Ahok sudah berjaga di depan pintu masuk.

Jokowi dan Ahok saling melempar senyum ketika bersalaman. Setelah bersalaman dengan Jokowi dan Iriana, pria yang akrab disapa Ahok ini ikut masuk ke dalam rumah Mega bersama iringan kepresidenan.

Selain Ahok, haul itu dihadiri pula oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Budi Gunawan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Presiden Jokowi dalam acara itu mengaku teringat soal perombakan kabinet. Hal ini bermula ketika Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Sirodj menanyakan jumlah menteri yang ada di dalam Kabinet Kerja dari NU.

“Saya jadi ingat reshuffle kalau seperti ini,” kata Jokowi.

Setelah itu, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun menjawab ada enam orang menteri yang dari NU. Bahkan, Jokowi juga mengatakan, dirinya juga mengakomodir Muhammadiyah. [DS]

SUMBER