Megawati Soekarnoputri: PDI Perjuangan Perlu membentuk Peradaban Baru

hydgfngdfKetua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengingatkan pentingnya mengawal transisi kepemimpinan 2019 agar tetap berada di jalan ideologi Pancasila. PDIP harus segera menyelesaikan persoalan-persoalan internal agar mampu merespon tantangan-tantangan eksternal terkait Demokrasi di NKRI.

Menurut Presiden RI Kelima itu, tantangan internal tersebut antara lain konsolidasi demokrasi internal partai agar soliditas kuat, tetapi disertai integritas dan moralitas yang terjaga. Baginya itu penting sehingga partai mempunyai legitimasi yang kuat untuk memimpin transformasi sosial menuju masyarakat Pancasila.

“Tetapi hal tersebut tidak mudah. PDIP perlu membangun peradaban baru berisi kultur yang mengedepankan integritas, moralitas dan spiritualitas Pancasila,” kata Megawati, dalam pidatonya di Pembukaan Rakorbid Internal PDIP di Jakarta, Sabtu (5/3).

Dijelaskan Megawati, tantangan berat PDIP saat ini termasuk isu lingkungan yang didominasi pragmatisme, jalan pintas, komoditisasi. Sehingga politik kehilangan kemuliaan, pendidikan tanpa pembentukan karakter, dan hukum tanpa keadilan.

Konsolidasi internal PDIP terutama bidang ideologi, oleh karenanya diharapkan mampu membangun PDIP untuk menjadi partai yang tangguh dan bisa menghadapi tantangan eksternal. Seperti kecenderungan praktik federalisme dalam politik daerah, etnosentrisme, radikalisme, sektarianisme, pembangkangan daerah, dan lain-lain.

Lebih sederhana, Megawati mencontohkan banyak kader yang tidak punya darah juang kuat, bersikap jujur, teguh, loyal ke ideologi, dan sering mencari kekayaan lewat partai. Konsolidasi internal partai menjadi kunci penciptaan karakter baru, budaya baru sehingga menjadi peradaban baru PDIP.

“Budaya yang perlu diciptakan adalah terkait nilai-nilai demokrasi di internal partai. Bukan saja terkait tata kelola partai, tetapi yang lebih penting para kader menginternalisasi nilai-nilai demokrasi sehingga mampu mengembangkan demokrasi Indonesia agar lebih berkualitas atau lebih substantif,” ujar Megawati.

Di acara itu, hadir perwakilan seluruh pengurus daerah PDIP. Setidaknya tiap daerah mengirimkan enam orang perwakilan elite daerahnya.

 

Sumber: beritasatu.com